MEMBUAT SURAT IZIN DI TEXTWORKS

Berikut ini saya jelaskan langkah - langkah dalam membuat surat izin dalam program textworks.
1. Pertama membuka software textworks yang ada pada program.
2. Lalu kita mulai dengan menuliskan \documentclass {article}.
3. Dilanjutkan dengan menulis \begin {document},dan kita memulai suatu perintah.
4. Lalu menuliskan Lab {\\textbf{SI}}\\, outputnya Lab SI. Karena perintah \textbfberarti kita ingin menebalkan suatu tulisan.
5. Diteruskan dengan menulis {\\emph{Dengan datangnya surat ini,saya yang bertanda tangan dibawah ini}}\\,yang berarti kita menginginkan output Dengan datangnya surat ini,saya yang bertanda tangan dibawah ini. Karena perintah it membuat memiringkan suatu kalimat.
6. Dilanjutkan dengan menulis {\\textbf{Nama}} : {\\emph\underline{Abdul Wahid}}\\,yang berarti kita menginginkan output Nama : Abdul Wahid. Karena perintah underline berarti kita menginginkan memberi garis bawah pada suatu tulisan. Dan karena perintah \emph dan underline digabungkan maka keluarlah output sepert yang terlihat diatas.
7. Diteruskan dengan menulis {\\emph{Kelas : 1KA03}}\\,karena kita menginginkan output Kelas : 1KA03.
8. Lalu kami menulis {\underline{NPM : 10111030}}\\,karena menginginkan output NPM : 10111030.
9. Isi surat : {\underline{Memberitahukan tidak bisa hadir pada hari senin didalam praktikum LATEX. Dikarenakan ada urusan keluarga yang tidak bisa ditunda}}\\
{\underline{Sekian pemberitahuan dari saya,terima kasih atas perhatiannya.}}\\
{\underline{Hormat Saya}}\\
{\underline{Abdul Wahid}}\\,dengan maksud perintah yang sudah kami jelaskan diatas,jadi output yang akan keluar muncul seperti ini,Memberitahukan tidak bisa hasir pada hari kamis di mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Dikarenakan ada urusan pekerjaan yang tidak bisa ditunda
Sekian pemberitahuan dari saya,terima kasih atas perhatiannya.
Hormat Saya
Abdul Wahid.
10. Untuk mengapa kami selalu menuiskan \\ di setiap akhir perintah,itu dikarenakan kami menginginkan tulisan yang kami buat selalu berada pada baris yang berbeda. karena perintah \\ berarti memindahkan suatu kalimat ke baris yang baru dengan jarak 1 baris. Namun apabila kita menginginkan jarak yang lebih jauh seperti berbeda 2 baris atau 3 baris,maka kita tinggal menggandakan tanda \\. misalnya perintah \\ untuk membuat perbedaan 1 baris,maka perintah \\\\ berarti kita membuat perbedaan sejauh 2 baris,begitu selanjutnya.
11. Sebagai penutup kami menulis \end {document},yang berarti program berakhir disitu dan penulisan sudah selesai.




Categories: Share

Leave a Reply