Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale ) Pentatonik Scale atau tangga nada pentatonik.Basic pentatonic ini biasanya di terapkan di lagu – lagu yang bergenre blues, rock,dan rock n roll. Pentatonic ini dibangun dengan menghilangkan 2 nada semitone pada skala mayor dan skala minornya , sehingga hanya ada 5 nada ( five not scale ) saja, dan menghasilkan pentatonic mayor serta pentatonic minor.

Pentatonic Mayor
Jika pada skala mayor yang sudah di jelaskan di Tangga nada mayor / mayor scale dengan menghasilkan pattern 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Missal pentatonic c mayor didapatkan dengan menghilangkan semitones pada nada di scale mayor C C-D-E-F-G-A-B-C maka scale pentatonic mayornya adalah menghilangkan nada yang berjarak setengah not ( 1 fret gitar) yaitu pada nada ke 4 dan nada ke 7 maka di dapatkan pattern pentatonic mayor scalenya C-D-E-G-A . dari hasil itu didapatkan suatu pattern pentatonic scale dengan pattern 1-1-1-11/2-1. Karena jarak E ke G adalah 1.5 atau selisih 3 fret pada gitar.


Pentatonic Minor
Pada pentatonic minor di dapat dari menghilangkan semitones pada Tangga Nada Minor Natural nya. Jika di dapat pattern minor naturalnya adalah 1-1/2-1-1-1/2-1-1, maka dengan menghilangkan semitones di nada ke 2 dan ke 6. Missal pentatonic minor C didapat dari minor natural c nya yaitu C-D-D#-F-G-G#-A# maka di hilangkan nada ke 2 dan 6 nya sehingga di dapat pattern pentatonic minor C nya C-D#-F-G-A#. Semitonesnya skala C minor itu adalah D-D# dan G-G# maka setelah dihilangkan menjadi C-D#-F-G-A#. pattern yang di dapat sekarang adalah pentatonic minor
= 1-11/2-1-1-11/2.


Categories: Share

Leave a Reply