Keamanan Anak Kost

Selalu kunci kamar ketika keluar
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah selalu kunci kamar ketika keluar. Soalnya kita tidak bisa memastikan berapa lama kita keluar. Namun sipencuri tampaknya lebih berani untuk bertindak dan tidak pandang bulu.

Kunci dari dalam
Kadang kita mengira tempat yang paling aman adalah di dalam kamar. Tidak sepenuhnya salah, namun bila kita berpikir lebih jauh, kamar adalah hal yang paling tidak aman. Kenapa? karena hanya ada satu jalan masuk, yaitu pintu. Ketika pencuri berhasil membuka pintu (baik secara paksa atau tidak) maka seluruh isi kamar menjadi harta karun bagi pencuri.

Taruh barang di tempat aman
Menyambung cerita kunci dari dalam, maka tindakan pencegahan selanjutnya adalah taruh barang berharga di tempat yang aman. Jangan berserakan, karena maling yang nyasar hanya sempat mengambil barang yang berserakan tanpa meneliti barang yang disembunyikan.

Selalu kunci kendaraan
Kunci ganda kendaraan walau di dalam garasi itu juga penting. Karena garasi tidak menjamin keamanan, seperti diceritakan sebelumnya kalau garasinya bisa di jebol maka kendaraan bisa dibobol. Selalulah kunci ganda kendaraan dimanapun berada.

Doa
Terakhir adalah doa, kenapa doa diletakan terakhir. Soalnya kita tidak bisa hanya mengandalkan doa tanpa usaha. Kita dianjurkan untuk bertawakal diakhir, setelah kita menyempurnakan semua usaha. Kalau kita hanya berdoa kemudian membiarkan kendaraan kita tanpa menguncinya itu sama saja merelakan kendaraan untuk dicuri.

Categories: Share

Leave a Reply