Etika dalam Kost

1. Kenalkan dirimu pada lingkungan
Kita sebagai anak baru dalam kost, selayaknya kita yang memperkenalkan diri. Ga usah lah merasa gengsi dan besar hati, siapapun kita di lingkungan tersebut kita orang baru. Seseorang akan lebih respek dengan orang yang mau merendahkan diri, mengendalikan kesombongannya untuk menjulurkan tangan ke kamar sebelah kemudian mengajak berkenalan.

2. Ikuti peraturan yang tidak tertulis
Nah dalam setiap tempat punya aturan, justru aturan yang tidak tertulislah perlu kita ketahui, caranya dengan bergaul. Jadinya kita memang harus bersikap ramah terhadap orang.

3. Jalin komunikasi
Ini  juga penting, setelah tau kita dengan teman sebelah, kita pun harus menjalin hubungan baik dengannya. Minimal main lah ke kamarnya, ngobrol sepatah dua patah kata. Ato hanya sekedar menyapa klo ketemu di jalan. Banyak manfaatnya, kita bisa dapat teman baru dan dapat ilmu baru.

4. Maaf memaafkan
Namanya juga hidup bersosialisasi, maka kita harus saling memaafkan. Mungkin kesalahan yang terjadi karena ketidak sengajaan, atau karena salah paham aja. Biasa lah di dalam kost, kalo mau marah ya sewajarnya aja. Kurang dari 3 hari, setelah itu ya biasa aja lagi, ngobrol dan bergaul seperti biasa. Kita bukan orang sempurna, jadi sempurnakanlah hidup kita dengan saling memaafkan.

5. Datang dengan izin, pulang dengan berpamitan
Ini juga penting dalam beretika, terutama terhadap pemilik kost. Kita datang dengan baik baik, pulang juga harus dengan baik baik. Pamitlah ke si-ibu, minta maaf kalo selama disini pernah berbuat sesuatu yang kurang berkenan. Begitu pula dengan teman teman kost, kita pamit lah baik baik, dengan demikian akan terjalin hubungan baik, siapa tau kita nanti butuh dengan dia setalah sekian tahun. Atau mungkin keturunan kita yang butuh dengan dia sekian tahun kemudian kan kita tidak tau, kalo semuanya di mulai dengan kebaikan dan di akhiri dengan kebaikan pula enak untuk minta pertolongan kembali.


Categories: Share

Leave a Reply