BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
B.RUMUSAN
MASALAH
C.TUJUAN
PENELITIAN
D.
MANFAAT PENELITIAN
Prokrastinasi menjadikan mahasiswa menunda
tugasnya dan berpengaruh terhadap pencapaian prestasinya, dan bukan hanya
menjadikan mahasiswa menjadi semakin rendah motivasi belajarnya saja namun
berpengaruh terhadap masa kuliah yang dihadapi. Solomon & Rothblum (1984)
menyatakan terdapat enam area akademik yaitu tugas mengarang (membuat paper),
belajar dalam menghadapi ujian, membaca buku penunjang, tugas-tugas
administratif penunjang proses belajar, menghadiri pertemuan dan kinerja
akademik secara keseluruhan.
Berdasarkan latar
belakang yang telah diuraikan, maka rumusan malah yang muncul adalah sebagai
berikut:
A.
Bagaimana
gambaran Prokrastinasi pada
Mahasiswa
?
B.
Faktor
– faktor apa saja yang mempengaruhi Prokrastinasi
Pada Mahasiswa?
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Prokrastinasi
pada Mahasiswa dan mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh Manfaat
Penelitian Prokrastinasi
pada Mahasiswa.
1. Manfaat Teoritis
Sebagai bahan kajian dalam
mengembangkan ilmu psikologi terutama psikologi Pendidikan yaitu mengenai
pengaruh internal dan eksternal. serta Selain itu penelitian dapat bermanfaat
untuk mengembangkan penelitian – penelitian selanjutnya.
2. Manfaat Praktis
Penelitian ini
diharapkan dapat menjadi masukan bagi penunda dan mahasiswa
umum untuk memahami sahabat, teman atau anggota keluarga yang
memiliki sikap prokrastinasi , untuk memberikan masukan atau inspirasi kepada partisipan.